memories, Uncategorized

Lepas Ikat Yang Membebat

Bila sewaktu lalu kau pernah membuatku merasakan lagi jatuh cinta lagi, hari ini juga, masih saja.  Namun kini bagiku, jatuh cinta tak semata pelepasan rasa, namun pencarian makna.

kemudian ketika ada versi yang berbeda di antara kita, maka mari kita lepas ikat kaki kita yang membebat, kita simpul saja, jalan ini mungkin bukan milik kita, atau ada cerita lain setelahnya. Karena kini aku belajar tentang hitam atau putih, tidak ada abu.

Bila tenggara jalan mu, nyata jalanku adalah utara. Tak hendak ku memaksamu mengutara, karena perjalanan haruslah waktu yang kau nikmati. Dan aku pun tak kuasa menenggara bersama mu, walau kau meminta ku untuk mencoba, jujur ini berat rasanya.

Kita sudahi saja, rasa rasa yang mengikat, hingga waktu terasa berat. Kini kau bebas mengikuti kata hatimu, mengejar cinta sejati barangkali, menemukan jawaban atas pertanyaan pertanyaanmu.

Bila kau bertanya, apakah aku masih mau  menunggu ? aku rasa tidak begitu. Aku akan menjalani arahku, menjalani juga kehidupanku, menjalani keyakinku.. Bila kelak kita bertemu lagi di suatu titik yang kita tidak duga, kita akan berjumpa dalam episode hidup kita yang berbeda.

 

Fn : Draft tulisan yang pertama dibuat  beberapa tahun yang lalu. Ah ternyata belum usia tulisannya, padahal “kisah” nya sudah usai. Ya udah kita sekalian aja di beresin tulisannya … ^^

 

 

 

Advertisements
Uncategorized

AKHIRNYA NONTON “MY STUPID BOSS”

Setelah “teracuni” oleh novel mini “My Stupid Boss” beberapa tahun lalu, akhirnya di luar perkiraan, novel ini akhirnya di buat film nya juga. Pertama liat iklan nya langsung pengen nonton, sambil harap harap cemas, apakah film nya bisa sekocak novel nya. Agak males juga kalo film nya nanggung dan garing.

Eh terus di satu pagi, tiba tiba mamah bilang gini : “teh, nonton my stupid boss yu, jigana rame“, hii..hii… tumben mamah tiba tiba ngajak nonton, bisanya kalo nonton harus diajak dan dikasih gambaran film nya tentang apa. Mungkin karena di tivi, liat testimoni pa Habibie yang bilang film ini rame.

Akhirnya malem itu, saya-adik-mamah, nonton film “My Stupid Boss”. Kesan pertama yang di dapet adalah pemilihan warna, layout, atau mungkin bahasa bener nya cinematography nya asik banget, bikin betah mata, ga berlebihan pake efek efek cahaya, tapi lebih ke tata letak sama warna yang enekeun pisan…

Lajut disini :

Akhirnya Nonton “My Stupid Boss”

Poster-Film-My-Stupid-Boss

Uncategorized

ANTARA JANJI DAN KOMITMEN

Barangkali kita sering mengucapkan janji, baik janji pada diri sendiri atau berjanji kepada orang lain. Diantara janji janji itu ada yang bisa kita penuhi ada yang tidak. Ada janji yang memang terpaksa kita tidak bisa memenuhinya, bisa juga kita memang tidak mau untuk memenuhi janji tersebut, kita batal memenuhi janji tersebut, karena ada beda nyata antara tidak bisa dan tidak mau.

Lalu bagaimana dengan komitmen, menurut saya komitmen setingkat diatas dari pada janji. Karena janji cendrung mudah untuk diingkari, disalahi, di bumbui dengan alasan alasan yang bisa jadi memang apa adanya, atau alasan yang dibuat ada.

Komitmen lebih kepada kesadaran diri untuk bersungguh sungguh kepada sesuatu atau kepada seseorang, komitmen adalah itikad diri untuk melakukan apa yang telah kita niatkan dan  katakan, baik kepada diri sendiri atau pun orang lain. Komitmen adalah berusaha 100 % untuk melakukan yang kita katakan dan niatkan.

Komitmen berhubungan erat dengan integritas diri, karakter seseorang, akhlaq seseorang. Karena integritas seseorang, bisa dilihat dengan sejauh mana ia melaksanakan dan mengusahakan apa yang telah diniatkan dan dikatakan.

Seperti lagu dari The Whitest Boy Alive : ” Promise Less Or Do More

 

Follow My New Blog yaaa  ….^^ : https://nuriska.com/

 

 

 

 

angkasa, Cinta Adalah Persahabatan, Gitu dehh .., Uncategorized

Tidak Romantis Lagi ?

Entahlah, sudah lama saya tidak merasa diri saya romantis. I mean, biasanya saya rajin posting quote2, puisi, cerita yang berhubungan dengan romansa. 

Apakah ini artinya saya sudah tidak pernah jatah cinta lagi atau semacamnya? Tidak begitu juga barangkali. Belum lama saya merasa jatuh hati pada seseorang -namun entah- saya enggan menuliskannya dalam kata kata, atau bait baik puisi. 

Entahlah, barangkali saya sudah lebih mendewasa (khawatir dibilang tua) 🙈🙈🙈. Atau barangkai ada saat sebuah rasa, tidak terwakilkan oleh barisan kata kata yang bisa kita lukiskan, kamu hanya mengetahuinya, merasakannya, sebuah rasa yang tidak berlebihan juga. Jatuh hati yang tidak romantis, tidak puitis.

Ahh… Kadang saya rindu diri saya yang puitis ….😆😆😆😝😝

Mungkin nanti, tidak lama lagi, entahlah ….

Kaca Diri, Uncategorized

Tidak Mudah Ternyata, Sungguh

Hai cyg, malam yang dingin rupanya. Hari ini adalah akhir hari di bulan dua, esok adalah bulan ke tiga bumi berputar pada porosnya di tahun ini.

Sungguh, tidak mudah ternyata menjadi seorang yang di depan, sungguh tidak mudah. Kadang kamu bingung, kadang kau terpuruk, kadang kau merasa bersalah, kadang menjadi tidak tau harus memulai dari mana. Rasa rasanya kau telah berusaha sebaik baiknya untuk membuat semuanya berjalan…

Mungkin langkah kakiku yang terlalu cepat, atau jiwaku yang terlalu menggebu gebu, mungkin karena aku sibuk mengejar di depan, aku lupa teriakan mereka yang kubawa serta.

Cyg, sungguh aku butuh seseorang yang bisa menilai langkah langkah ini, seseorang yang menahanku ketika aku terlalu kencang berlari, ketika aku sibuk bergerak, yang membangkitkan aku ketika lesu untuk berdiri, ketika enggan untuk memperbaiki diri.

Hai cyg, aku butuh ruang untuk menjauh, hingga aku bisa melihat segalanya lebih jelas, lebih luas.

…..

#Cyg

Ekspedisi, Keliling Indonesia, Uncategorized

[Keping 1] Pulau Buru, Pulau Emas yang Tersembunyi

Pulau Buru, pulau yang pertama kali saya injak di tahun 2012 ini, adalah salah satu pulau yang tergolong besar di Kepulauan Maluku, dengan kota besar yang terdekat adalah Ambon dengan jarak tempuh menggunakan semacam kapal Fery, apabila menggunakan kapal cepat kurang lebih membutuhkan waktu empat jam.

Tahun 2012 saya bekesempatan berkeliling beberapa pulau di Indonesia menggunakan KRI Banda Aceh. Pulau Buru adalah pulau ketiga yang rombongan kapal kunjungi setelah Pulau Flores(Kota Maumere), dan Pulau Lembata. Perjalanan panjang yang lumayan di tempuh dari Lembata ke Pulau Buru ini menghabiskan waktu kurang lebih dua hari mengarungi dan melewati laut Banda yang terkenal sebagai salah satu laut dalam di Indonesia.

Pulau Buru mugkin belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, tapi untuk mereka yang senang sejarah pasti tau, pulau Buru ini pada masa lalu adalah Pulau pembuangan para pemberontak aktivis aktivis PKI, dan pulau ini adalah salah satu Pulau di mana Bapak proklamator Indonesia pernah diasingkan.

Kesan pertama melihat dermaga  pulau ini yang menjadi gerbang masuk, sekilas sama dengan pulau pulau yang kami kunjungi sebelumnya. Namun beberapa langkah memasuki pulau ini, saya menemui banyak kejutan yang sangat berbeda dengan pulau pulau yang kami kunjungi sebelumnya ….

Bersambung

Uncategorized

Peradaban Islam: Obor pengetahuan

Perjalanan Cinta

Sebenarnya sangatlah sulit untuk mencari bidang ilmu pengetahuan yang tidak berhutang budi kepada para Ilmuwan Islam. Karena sejak seribu tahun yang lalu, ketika umat muslim adalah pembawa obor pengetahuan pada zaman kegelapan. Mereka menciptakan peradaban Islam, didorong oleh penelitian dan penemuan ilmiah, yang membuat bagian dunia lainnya iri selama berabad-abad.

View original post 1,581 more words

Cermin, My days, Uncategorized

Ketika Dengki Bersaudarakan Sombong

[ Sebuah Refleksi, Yang Mencermini Diri]

 Sungguh syaiton tak berhenti mengusik kejernihan hati kita. Gagal dari satu celah, ai akan menyelusup ke celah yang lain. Mungkin ia gagal menggoda kita dengan hal hal yang bersifat fisik atau materi. Ia gagal mengajak kita menampakan aurat, ia gagal menggoda kita untuk mencicip makanan dan minuman haram, ia gagal mengajak kita ke dalam pergaulan bebas, tak patah arang, ia pun presisten menggoda kita dari rasa terhalus kita, sesuatu yang tidak tampak, sesuatu yang kadang hanya kita yang tau, sesuatu yang hanya kita rasa.

Dengki, itu salah satunya. Sebuah rasa tak rela melihat orang lain suka, sebuah rasa tak suka ketika melihat orang lain bahagia, sebuah rasa tak bahagia ketika melihat orang lain berhasil berkarya. Dan kemudian dengki tak berhenti disitu saja, dengki membuat kita mengarang ngarang alasan dalam fikrian dan perasaan kita bahwa ia – orang yang kita dengki kan – tidak layak mendapatkan suka, bahagia atau sukses berkarya, dengan alasan alasan yang kita buat sendiri, dengan alasan dan penyangkalan yang kita berusaha adakan, agar memang sekali lagi, orang tersebut kita anggap buruk.

Lalu bagaimana dengan sombong. Ya sombong adalah menganggap diri kita lebih dari orang lain, melihatdiri kita lebih superior dari orang lain dan melihat orang lain lebih rendah dari kita, dan ketika melihat pada kenyataannya ada mereka yang lebih dari kita, kita tidak rela, karena kita selalu memposisikan diri kita lebih segalanya dari orang lain.

Memang pada kenyataannya, dalam hidup ada satu yang lebih unggul dari yang lain, lebih baik dari yang lain, lebih sukses dari yang lain, atas usaha nya. Namun yang tidak pantas adalah ketika merasa bahwa kita berbangga bangga dengan kelebihan kita, padahal apapun kebaikan, keunggulan, kelebihan yang kita miliki, semata mata karena Ridha-Nya, karena Ia mengizinkan. Apabila Ia berkehendak kita bisa dijadikan hina sehina hinanya.

Ya, saya sedang bercermin diri, ketika saya merasa dengki dengan orang lain, di saat yang sama saya sedang sombong akan diri saya sendiri. Ahh… kadang dengki dan sombong ini tidak saya sadari, tertutup, terhijab, tersembunyi, tak terlihat, tapi menjadi penyakit jiwa yang akan meradang lebih jauh apabila tidak kita sadari dan perbaiki.

Akhirnya sebagai manusia kita harus secara bahagia mengakui akan kelebihan orang lain, kesuksesan orang lain, belajar darinya, mengambil pelajaran dari kebaikannya. Adapun kelebihan yang kita miliki, semata mata adalah karena Izin-Nya, hingga kelebihan dan kebaikan itu ada dalam diri kita.

Selamat bercermin, selamat membersihkan jiwa-hati, berdoa kepada Nya, untuk selalu dihindarkan dari iri, dengki, takabur, sombong, Aamiin.

Dan ketika menulis ini, terbukalah Al Quran yang menunjukan QS Sad 75-77

  • Allah berfirman : “Wahai Iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Aku ciptakan dengan kekuasan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri atau kamu (merasa) termasuk golongan yang lebih tinggi?”
  • Iblis berkata : “ Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah”
  • Allah berfirman : “Kalau begitu keluarlah kamu dari surge ! sesungguhnya kamu adalah makhluk yang terkutuk”

 

Makin yakin lah saya, bahwa dengki dan sombong adalah sifat iblis. Semoga kita bisa dilindungi dari nya, Aamiin yaa Rabbal Alamiin.