ANTARA JANJI DAN KOMITMEN

Barangkali kita sering mengucapkan janji, baik janji pada diri sendiri atau berjanji kepada orang lain. Diantara janji janji itu ada yang bisa kita penuhi ada yang tidak. Ada janji yang memang terpaksa kita tidak bisa memenuhinya, bisa juga kita memang tidak mau untuk memenuhi janji tersebut, kita batal memenuhi janji tersebut, karena ada beda nyata antara tidak bisa dan tidak mau.

Lalu bagaimana dengan komitmen, menurut saya komitmen setingkat diatas dari pada janji. Karena janji cendrung mudah untuk diingkari, disalahi, di bumbui dengan alasan alasan yang bisa jadi memang apa adanya, atau alasan yang dibuat ada.

Komitmen lebih kepada kesadaran diri untuk bersungguh sungguh kepada sesuatu atau kepada seseorang, komitmen adalah itikad diri untuk melakukan apa yang telah kita niatkan dan  katakan, baik kepada diri sendiri atau pun orang lain. Komitmen adalah berusaha 100 % untuk melakukan yang kita katakan dan niatkan.

Komitmen berhubungan erat dengan integritas diri, karakter seseorang, akhlaq seseorang. Karena integritas seseorang, bisa dilihat dengan sejauh mana ia melaksanakan dan mengusahakan apa yang telah diniatkan dan dikatakan.

Seperti lagu dari The Whitest Boy Alive : ” Promise Less Or Do More

 

Follow My New Blog yaaa  ….^^ : https://nuriska.com/

 

 

 

 

2 thoughts on “ANTARA JANJI DAN KOMITMEN

  1. Kalo menurut saya keduanya bukan bertingkat-tingkat, melainkan saling korelasi gitu Kak.. Jadi janji itu ikrarnya, komitmen itu adalah janji yang ditaati sama diri sendiri. Dan tentu saja, setuju sama Kak Nurizka, ini berkaitan erat banget sama integritas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s