Antara Gengsi Dan Dedikasi [ Kisah Seorang Agen Asuransi ]

Menggeluti bisnis di bidang keuangan -bidang asuransi- bisa dikatakan gampang gampang susah. Kurang lebih lima tahun lebih saya menggeluti bidang ini, mengalami perasaan dan fikiran yang naik turun. Terutama ketika berhadapapan dengan nasabah.

Walau telah lama menggeluti bidang ini, rasa gengsi ketika harus “menawarkan” program kadang kala masih saja ada. Bukan tentang saja tentang penolakan, tapi tentang bagaimana me-re-respon tanggapan yang didapatkan ketika kita menawarkan sebuah program asuransi.

Profesi ini memang butuh paduan karakter yang kuat. Mau berjuang – berani – persisten – ga mudah menyerah yang di padukan dengan ketulusan dan keikhlasan. Seperti paduan antara semangat militansi yang penuh kasih sayang. hhaa…

Ya… beberapa orang masih mengganggap sebelah mata profesi ini, bersikap tidak simpatik, itu masih saya rasakan di beberapa kalangan. Padahal profesi ini bukan lagi profesi sampingan bagi saya, atau sekedar agen abal abal yang mencoba peruntungan dan mengisi luang waktu saja. Berbagai ilmu dan sertifikasi profesi sudah di ikuti, karena saya ingin benar benar profesional di bidang ini.

Seperti saat ini, saya masih kadang merasa “gengsi” untuk menanyakan kelanjutan akan program yang ditawarkan. Ada semacam perasaan kesal, ketika sikap orang yang bersangkutan tidak ramah, atau cendrung melecehkan profesi yang saya jalani. Padahal yang saya tawarkan for his own good, disaat itu ada kadang timbul rasa ” ya udah dehh, terserah, yang penting saya udah kasih tau, kasih wawasan”

Tapi kalau diingat lagi, tentang tujuan profesi ini, adalah tentang how to educate people tentang bagaimana mempunyai proteksi yang aman dan baik untuk keluarga, keegoisian saya atau kegengsian saya untuk memfollow up mereka jadi terkikis sedikit demi sedikit. Mengingat kembali bahwa apa yang kita coba jelaskan kepada mereka, adalah untuk kebaikan mereka. Karena sungguh profesi ini bukan hanya bisnis semata, tapi bagaimana mengajak orang untuk mempersiapkan keungan masa depan mereka.

Ahh…antara dedikasi dan gengsi silih bergantian datang, dulu mendahului.

Fn : Sebuah curhat seorang pebisnis asuransi, yang ingin berbagi…hheee

Web saya tentang asuransi syariah dan financial planning bisa di ikuti di :

https://berkahberasuransi.com/

 

 

.12795311_1512763495698255_943055065620550978_n

One thought on “Antara Gengsi Dan Dedikasi [ Kisah Seorang Agen Asuransi ]

Leave a Reply

