Ujian yang sama dan [berulang ulang]

Konon katanya kita akan diuji dengan ujian yang sama, berulang ulang, hingga kita bisa melaluinya. Sama halnya dengan waktu berkuliah, kalau nilai fisika kita misalnya masih jelek, maka ada kesempatan kita untuk melakukan remedial. Mengulang ujian, until we past it on. Atau seperti ketika kita mengambil kursus bahasa inggris, ada tingkat basic, intermedite, dan advance. Sebelum lulus tahap basic, kita tak akan mencapai intermedite.

So in a real life, mungkin kadang kita merasa kita diuji dengan masalah yang sama, itu itu saja, atau mungkin dengan orang yang itu itu saja, bisa masalah keluarga, masalah keuangan, pasangan, pekerjaan, dan sebagainya. Apabila demikian mungkin karena memang kita belum “lulus” dengan ujian tersebut, jadi Allah Swt melakukan “remedial” kepada kita, sampai kita lulus, dan naik ke step selanjutnya.

Selain itu bagaimanakah kualitas kita dalam menjalani ujian tersebut, apakah cukup puas dengan nilai E, nilai standar B dan C, atau kita ingin lulus excelent, mendapat nilai A. Semuanya tentang pilihan, pilihan menghadapi ujian. Kemudian tentang seberapa lama kita  melalui ujian tersebut, apakah kita ingin berlama lama, atau kita ingin menjalani proses nya lebih cepat. Seperti kuliah, apakah kita ingin menghabiskan waktu cukup empat tahun untuk menyelesaikan S1 atau malah memilih untuk melalui nya dalam waktu enam tahun.

Yang saya faham sekarang, ujian sesuai dengan porsi nya. Kalau misalnya ada yang bilang, Allah menguji di titik lemah kita, mungkin sebaliknya, Allah Swt ingin menjadi kuat dalam hal itu, dalam episode itu, sebuah jadi yang menjadi titik lemah kita.

and for my self, lets past this “examination” fastly, strongly and greatly

Cimahi, 02112015

2 thoughts on “Ujian yang sama dan [berulang ulang]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s