Membaca sejarah tentang Khalifah Utsman

image

Akhirnya khatam juga baca buku ini. Akhir kisah dibuku ini membuat lebih saya lebih mengenal sosok, karakter, keutamaan, akhlak, kemulian, ketangguhan, kecerdasan, keikhlasan, kesabaran, ketangguhan khalifah utsman r.a.

Khalifah Utsman adalah seseorang yang dermawan dan lembut hatinya. Beberapa perang ia biayai dengan hartanya, dengan jumlah yg sangat besar.

Seperti perang Jaisul Al Usrah (Perang Tabuk) dimana ia menjadi konribusi terbesar, apabila di konfersikan Sekarang, harta yang disumbangkan sang khalifah mencapai puluha miliyaran rupiah.

Belum lagi sumur Ruman/Raumah yang dibeli dari seorang yahudi yang airnya hingga Sekarang dinikmati oleh masyarakat Madinah hingga sekarang.

Diangkat menjadi khalifah di usia senja, 70 tahun. Beliau yang berjasa menyusun Mushaf Al Quran hingga kita bisa baca hingga sekarang. Khalifah Utsman pun adalah khalifah yang pertama kali membentuk pasukan angkatan laut Islam hingga bisa memperluas wilayah kekuasaan Islam hingga Mencapai eropa.

Namun perjuangan sang Khalifah sangat tidak mudah. Di masa kepemimpinannya ia harus menghadapi berbagai fitnah tentang kebijakan2 yang keji dari pihak konspirasi yang ingin menghancurkan Islam dari dalam.

Di usia senjanya Khalifah menghadapi dua pihak. Satu pihak oposisi (sahabat yang memberikan saran, kritik baik Karena Allah Swt) satu lagi pihak konspirasi yang memang ingin menghancurkan Islam dari dalam.

Para pemberontak yang merupakan hasil dari konspirasi inilah yang membuat keonaran, menyerang kota, mengepung Rumah sang Khalifah, hingga kemudian membunuhnya.

Sang Khalifah tewas terbunuh di rumahnya di usia 82 tahun, yang “dikudeta” oleh para pemberontak. Beliau meninggal ketika membaca Al Quran di rumahnya.

………..

Membaca buku mengenai khalifah Utsman membuat saya semakin mengenal, mencintai, menghormati sahabat Rasul.

Sejarah ini mengajarkan bahwa, Perjuangan dalam agama Islam tidak selalu mulus, kadang ada perbedaan pendapat bahkan perselisihaan. Namun para sahabat tetap saling melindungi walau sempat ada perselisihan faham di antara mereka.

Kedermawanan, akhlaq, kesabaran khalifah Utsman jadi teladan yang sangat baik. Subhanallah…

Dan kemudian membaca akhir masa perjuangan beliau secara lengkap, sungguh membuat hati saya membiru… Begitu beratnya apa yang dihadapi beliau di masa tuanya. 

Dan setelah membaca lengkap sejarah para sahabat, semoga makin mempersadar kita bahwa mereka lah The Real Hero, yang harus dikenal oleh setiap umat muslim, dan harusnya pelajaran sejarah, biograffi para sahabat ini diajarkan dan dikenalkan lebih dini kepada generasi Muda Islam.

Kelak pun saya, akan menceritakan sendiri kisah kisah para sahabat kepada anak anak saya. Aamiin…

3 thoughts on “Membaca sejarah tentang Khalifah Utsman

  1. Miris kalau melihat akhir khayat para Khulafaur Rasyidin, selalu diamuk polemik politik dan paham. Utsman ini role model saya, soalnya terinspirasi kisahnya, yg waktu kecilnya diejek, “Pemalu seperti ini bakalan jadi apa gedenya?”

    Tapi belum baca yg ini, baru yg Sirah Nabawiayah aja.

  2. Membaca kisah para sahabat, termasuk Khalifah Usman r.a., menjadikan kita semakin cinta terhadap Islam. Semangat perjuangan itu menginspirasi keagamaan kita. Dan, betapa menyenangkannya bila apa yang kita baca lalu kita ceritakan kepada anak-anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s