Kalimat itu membawa ku kembali ke tanah NTT #Rotasi10

Tahun 2012

Tahun 2012 pertama kali saya mengnjungi kota ini, Maumere. Dan ini kali pertama kalinya saya pun mengunjungi pulau Flores. Saat itu saya mewakili Rumah Zakat sebagai relawan yang bertugas untuk mengawal bantuan untuk para warga di kepulauan, salah satunya adalah Maumere.

Setelah tugas selesai, saya yang pada dasarnya tidak mau diam, akhirnya sampai lah ke sebuah pesantren darussalam di desa Waiotti, kab sikka, Maumere. Berjumpa dengan orang orang yang luar biasa. Bertemu dengan anak anak yang awalnya malu malu, bertemu pimpinan pondok yang luar biasa pengorbanannya.  

Pesantren sekaligus panti yatim ini menampung anak anak yatim dan dhuafa, di antara berbagai keterbatasannya pesantren ini bertahan dan berusaha untuk bisa mendidik anak anak menjadi anak anak yang sukses. Singkat cerita saya dan teman melakukan banyak hal disana, bermain, bercerita dan bernyayi dengan anak anak panti tersebut, walau tanpa direncanakan. 

Saat akan pamit pulang, anak anak terlihat sedih, karena mungkin jarang mendapatkan “hiburan” dari luar. Kemudisn ketika kami hendak beranjak, salah satu anak setengah berteriak dari jauh, berkata : ” kakak… Kembali kemari, bawa buku yang banyak” ujarnya…

Entahlah, kalimat permintaan itu,  saya jawab dengan kalimat “iya…” Sambil melambaikan tangan. Jawaban itu meluncur begitu saja, tanpa saya fikirkan. Dalam hati saya berbicara, ahh saya harus memenuhi jawaban itu, memenuhi jawaban yang merupakan janji pada diri saya sendiri.

  
Tahun 2013-2014

Dengan izin Allah, sebuah kalimat permintaan seorang anak, yang saya iyakan. Membawa saya kembali ke tanah Flores ini melalui program NUSANTARA MEMBACA yg di inisiasi oleh KEBUKIT (Kelola Buku Kita). dengan perjuangan yang tidak bisa dikatakan mudah, namun dengan tekad yang benar benar tertanam dalam hati, semua lelah benar benar terobati, ketika tahun 2013-2014 ternyata saya, kawan kawan, dan banyak support dari berbagai pihak, kami bisa membawa buku buku kepada mereka. Mengantarkan ilmu kepada mereka, Subhanallah.

Dan di malam ini, ada kembali kerinduan kepada mereka. Ada semacam ikatan yang kuat, walaupun pertemuan bisa dihitung dengan jari..

Kalimat itu membawa ku kembali ke tanah NTT, sebuah kalimat sederhana : kakak… Kembali kemari, bawa buku yang banyak” 

Ahh.. Semoga tak lama saya bisa kembali lagi ke sana, bertemu kalian yang tercinta

Setumpuk rindu untuk mu …

   
      
Tentang program kami silahkan kunjungi : http://www.facebook.com/kebukitbandung dan http://www.facebook.com/nusantaramembaca  

3 thoughts on “Kalimat itu membawa ku kembali ke tanah NTT #Rotasi10

Leave a Reply

