Pertengahan juni kemarin adalah moment yang sudah saya tunggu selama kurang lebih satu tahun, ya keliling pulau terluar lagi di program EKSPEDISI BHAKESRA 2013. Setelah tahun kemarin mengunjungi pulau terluar di Indonesia Timur, perlajanan kali ini adalah mengunjungi Indonesia terluar bagian barat. Tahap satu ini kami mengunjungi Pulau Siberut, Pulau Tello dan Pulau Sipora yang berada di Kepulauan Nias dan Mentawai selama 10 hari.

Image

Perjalanan kali ini saya menjadi salah satu tim EKSPEDISI BHAKESRA, yang berfokus pada pendidikan non formal yaitu penyebaran minat baca, dan penyadaran ptensi keceradasan majemuk bersama komunitas KEBUKIT (KELOLA BUKU KITA) yang saya rintiis bersama teman teman sejak tahun 2007 dan dalam rangka program nasional kami “GERAKAN CERDAS MEMBACA”

Image

TIM KEBUKIT (KELOLA BUKU KITA)

Agen penular VIRUS BACA dan Penggali Kecerdasaan Diri

 

Ombak Besar dan Badai

Berbeda dengan perjalanan tahun kemarin ke Indonesia timur yang tergolong lautnya tenang, tahun ini dengan kapal yang sama, yaitu KRI BANDA ACEH 593, perjalanan nya cukup menguras tenaga. Ombak laut barat sangat besar, hampir 70 % perjalanan kami diterpa ombak 2-5 meter, belum lagi sempat mengalami hujan badai yang cukup besar, membat kapal kami yg termasuk kapal perang besar pun, oleng ke kanan dan ke kiri, kaya naik kora kora di dufan, hhe….

Image

Saat Badai : Kru Heli memperbaiki tali agar tidak lepas terhantam badai

Pulau Siberut

Pulau Siberut, berada di kepuluan Mentawai. Jarak tempuh ke pulau ini, kurang lebih 12 jam dari Teluk Bayur, Padang. Di pedalaman pulau ini, terdapat salah satu suku asli kepuluan mentawai.

Setelah merapat di dermaga, kami langsung melaksanakan tugas : menemui para siswa, dan menyebarkan virus minat baca dan penyadaran potensi diri diri. Kali ini kami bertemu dengan siswa siswa di tingkat SD dan SMP.

Selalu ada nuansa yang berbeda di setiap pulau, di pulau ini anak anak menyapa kami begitu ceria, mata mata mereka begitu antusias, saat berkenalan dengan kami, dari awalnya malu malu hingga sampai kami merasa begitu dekat, hingga kemana pun kami pergi mereka selalu berombongan ingin selalu dekat kami.

Disana kami melakukan berbagai kegiatan Edutaiment (Education-Entertaiment). Memberikan pengarahan mengenai pentingnya memiliki minat dan kecintaan terhadap membaca, menggali tentang potensi diri anak anak untuk masa depan mereka, memberikan semacam insight agar mereka mempunyai cita cita setinggi mungkin, menyadarkan tentang betapa berharganya potensi laut mereka, dengan cara bernyanyi, bercerita dan berdiskusi.

Image

Bersama Para Guru SDN Siberut

Image

ImageGerakan Cerdas Membaca

 

Mengajak mereka membaca

Image

Bergembira

Image

Ceritakan Tentang Dirimu

Image

ImageImage

Pohon Cita

ImageSharing tentang Potensi Kecerdasan Diri

Semoga berjumpa lagi

Waktu yang singkat sebenarnya, tidak cukup untuk benar benar menggali potensi kecerdasan dan menanamkan cinta baca kepada mereka, semoga yang kami lakukan ada yg kena di hati dan fikir anak anak negri ini, sehingga berguna sebagai “peta”kecil untuk masa depan mereka. Anak anak pulau ini cerdas, cekatan, supel. Masa depan terbentang untuk mereka, yang mereka perlukan adalah, “pembuka awal” tentang luasnya dunia, cerdas nya mereka, betapa kaya lautan yang Allah Anugrahkan dekat mereka. Dan semoga makin banyak pihak yang peduli terhadap kualitas pengetahuan dan pendidikan anak anak kepulauan kecil ini, karena mereka mempunyai hak yang sama akan itu.

 

See you soon my little sisters ….

Miss u all -already

Image

 

Image

 

6 thoughts on “Ekspedisi Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai

  1. heuheu, sisteerr… iri babak dua nih, berlayar lagi untuk sesuatu yang lebih dari sekedar wisata…
    iri babak tiganya, duuh itu photo, tampak terlihat menyenangkan, dan awet muda (yak silahkan kege-eran)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s