What kind of life do you like to choose

Hidup seperti apa yang akan kita pilih, diantara banyak jenis pilihan dalam menjalani masa usia :

– Hidup yang normal : sekolah, kuliah, bekerja, menikah, berketurunan, membesarkan mereka, kemudian melihat mereka ber sekolah, kuliah, bekerja, menikah, berketurunan. Dan kemudian apabila dipanjangkan usia, kemudian melihat anak keturunan kita selanjutnya menjalani siklus yang sama, hidup normal , hidup kebanyakan, dengan siklus yang standar.

– Hidup abnormal : Melakukan hal hal yang tak terpikirkan oleh orang banyak, memikirkan dan melakukan sesuatu yang dianggap muluk, memberikan kontribusi, berkarya, karya yang tidak hanya untuk kepuasan dan eksistensi pribadi semata, menjadi bagian pembaik negara, bangsa pula agama. Create something. Fixing wrong thing. Do many thing. Hidup abnormal dengan siklus yang tidak standar.

Hidup normal akan lebih mudah dilakukan, kita hanya cukup memikirkan kenyamanan dan kesejahtraan keluarga saja, maka semuanya akan berjalan sesuai impian. Duduk manis menghabiskan masa tua, melihat anak cucu berkembang seperti masa kita dahulu menghabiskan hidup, begitu seterusnya. Hidup normal, maka kau akan dapatkan kebahagiaan.

Dan di hidup abnormal, kita akan banyak merasakan banyak keresahan, ketidaknyamanan. Kita tidak bisa diam melihat hal hal yang kita fikir, kita rasa bukan semestinya, bukan pada tempatnya. Ada dorongan untuk memperbaiki, memberi kontribusi, mencipta solusi, meninggalkan “legacy”. Kita akan selalu mencari, mencari dan mencari. Waktu kita, tenaga kita, bahkan harta kita akan mulai tersita, terambil baik kau sadar ataupun tak sadar. Hidup abnormal. Penuh ketidaknyaman namun kau akan mendapatkan kebahagian sekaligus kepuasaan.

Kemudian hidup seperti apakah yang akan kita pilih ? Hidup normal atau hidup abnormal, atau keduanya

Tak ada yang tak mungkin, dan tak pernah terlambat untuk memulai untuk melihat, berfikir dan berbuat, berbuat kebaikan tentunya.

akan selalu ada gelitik di hatimu untuk berbuat kebaikan, akan ada selalu lintasan fikirmu ketika menyaksi sesuatu yang tak semestinya, jangan diam, jangan diam, jangan diam…

” … Every one die, but not every one really life …” (Brave heart)

Fn : sebuah catatan perenungan, terutama untuk diri sendiri, semoga sedikit banyak memberi manfaat , nite’ nite’ every one😉

18 thoughts on “What kind of life do you like to choose

  1. kita, tenaga kita, bahkan harta kita akan mulai tersita, terambil baik kau sadar ataupun tak sadar. Hidup abnormal. Penuh ketidaknyaman namun kau akan mendapatkan kebahagian sekaligus kepuasaan.

    kalo akhirnya sama2 bahagia berarti abnormal juga termasuk normal ya mbak🙂

  2. Perenungan yang bagus, mbak Nuriska.

    Gambaran idealnya seperti ini:
    Usia 10~20 tahun. Normal : Abnormal = 40 : 60 –> sekolah
    Usia 21~30 tahun. Normal : Abnormal = 20 : 80 –> kuliah+kerja+bisnis
    Usia 31~40 tahun. Normal : Abnormal = 40 : 60 –> menstabilkan bisnis
    Usia 41~50 tahun. Normal : Abnormal = 70 : 30 –> life begin at 40′
    Usia 51~60 tahun. Normal : Abnormal = 80 : 20 –> terus berkarya dalam damai.

      • Memang kudu seimbang, fokus sekolah tapi jangan lupa dengan upaya membahagiakan orangtua, itu perlu fight di area out of comfort zone.
        Begitu juga saat asyik fokus dg kerja/bisnis, jangan lupa dg upaya membangun keluarga yg harmonis, itu juga perlu fight.
        Kita kudu pintar-pintar mengatur proporsi normal dan abnormal sejalan dg usia.

      • Betul betul. Karena membaguskan yg satu, akan membaguskan yg lain pula ya mas, semuanya berkesinambungan, makasih lagi ahh, saya lg belajar me meta kan hidup… Hhee

  3. kalau saya ga suka hidup yg datar,teh…
    yang kerjaannya monoton..

    tapi ketika saya suka yang menantang lantas disebut sbg kehidupan abnormal? tidak ya kayaknya,teh..
    dan kalau dari kacamata saya *perbaikigagangnya:P* pilihan hidup itu tergantung dari kita. Milih bahagia atau menderita🙂

    dan untuk menjalani pilihan hidup, harus ada konsekwensi yg harus kita terima dari pencapaian yang akan kita gapai *beraaaat* B-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s