Ekspedisi Bakti Kesra Nusantara | The Unforgettable Journey

Perjalanan panjang kurang lebih satu bulan yang lalu, absolutly unforgatable. Udah lama pengen ditulis, tapi saking banyaknya yg pengen diceritaiin, jadi bingung mulai dari manah. Hhe, lebay eaa…..

Ekspedis bakti kesra nusantara adalah, program tahunan MENKO KESRA dengan tujuan memperhatikan dan mensejahrtakan pulau pulau terpencil dan terluar di Indonesia. Perjalanan kemarin adalah tahun ke tiga, program bakti kesra nusantara.

Ekspedisi tersebut melibatkan banyak lembaga, perusahaan, dan unsur masyarakat. Pada dasarmya adalah mereka yg bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat pulau terpencil.

Alhamdulillah, kemarin saya mewakili lemabaga sosial RUMAH ZAKAT, sebagai relawan yang mengawal bantuan dari RUMAH ZAKAT juga melakukan berbagai sosial mapping. Tentunya ga mudah buat ikutan program ekspedisi ini, di seleksi, di wawancara, dan juga harus punya kemampuan fotographi yg cukup memadai juga kemampuan social mapping penduduk setempat.

Peserta lain selain saya, dan tiga teman saya, ada teman teman relawan dari PERTAMINA, TAGANA, FORUM 73 ITB, PU, BANK BI, METRO TV, ASOSIASI Pedagang Keliling, dll, berjumlah 85 orang. Tak lupa TNI AL sebagai penyedia transportasi peserta berkeliling pulau pulau di Indonesia. Dengan anggota sekitar 100 orang TNI, membuat kami merasa aman dalam perjalanan.
Belum lagi kapal laut ny yg keren, bernama KRI BANDA ACEH 593, kapal yg diperuntukan untuk perang sebenarnya, yg saat ini dipakai untuk melayani masyarakat.

30 hari yang sangat berkesan, 30 hari berkelana dengan kapal laut, rupa rupa rasa, rupa rupa pesona, pesona alam, pesona laut, pesona manusia, pesona mencari hakikat pejalana, bukan hanya tentang masyarakat yang kami kunjungi, namun tentang hakikat diri sendiri yang memaknai arti perjalanan.

Pulau pulau yang kami kunjungi adalah :

– Pulau Moumere, NTT
– Pulau Lembata, Flores
– Pulau Buru,
– Pulau Morotai (Mengikuti Program Sail Morotai)
– Pulau Ternate
– Pulau Marampit
– Pulau Marore (Pulau perbatasan Indonesia Fillipina)
– Pulau Balabalakang, Pulau Saboyang, Pulaun Salingsingan

Ahh… Terlalu banyak yg ingin diceritakan, tak cukup hanya dalam satu halaman sajah.heu ..

” Sebuah perjalanan sejatinya adalah tentang menemukan hakikat, hakikat manusia, hakikat kita, hakikat semesta”

20121103-225030.jpg

6 thoughts on “Ekspedisi Bakti Kesra Nusantara | The Unforgettable Journey

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s